Pinisi

Minggu pagi seperti biasa kugunakan untuk menghirup udara segar, dengan jalan keliling kota Maumere yang tidak begitu luas. Minggu ini tujuanku ke Pelabuhan Loro say, pelabuhan yang cukup luas.

Pelabuhan ini masih campur digunakan baik untuk kapal barang, dan kapal penumpang yg tidak terpisah. Untuk Kapal ikan biasa mereka sandar di dekat Tempat Pendaratan Ikan atau tempat pelelangan ikan. Khabarnya kedepan Pemerintah Daerah akan memperbaiki atau merenovasi dan membagi pelabuhan berdasarkan jenis kapalnya, jadi ada area untuk kapal penumpang, cargo dan kapal lainnya.

Pagi ini ada beberapa kapal cargo dan juga kapal penumpang. Selain itu yang menarik terlihat ada sebuat kapal jenis Pinisi yang digunakan sebagai kapal pesiar.
Nampaknya sudah sejak semalam atau pagi dini hari baru sampai, karena terlihat masih lego jangkar.
Pada kesempatan itu kugunakan untuk mengabadikan kapal Pinisi yang pas waktu saat matahari terbit

Menurut Wikipadia
Pinisi adalah kapal layar tradisional khas asal Indonesia, yang berasal dari Suku Bugis dan Suku Makassar di Sulawesi Selatan tepatnya dari desa Bira kecamatan Bonto Bahari Kabupaten Bulukumba. Pinisi sebenarnya merupakan nama layar. Kapal ini umumnya memiliki dua tiang layar utama dan tujuh buah layar, yaitu tiga di ujung depan, dua di depan, dan dua di belakang; umumnya digunakan untuk pengangkutan barang antarpulau. Dua tiang layar utama tersebut berdasarkan 2 kalimat syahadat dan tujuah buah layar merupakan jumlah dari surah Al-Fatihah. Pinisi adalah sebuah kapal layar yang menggunakan jenis layar sekunar dengan dua tiang dengan tujuh helai layar yang dan juga mempunyai makna bahwa nenek moyang bangsa Indonesia mampu mengharungi tujuh samudera besar di dunia.
Tentunya di Indonesia masih banyak lagi jenis kapal atau perahu tradisional yang mempunyai keunikan tersendiri.

Leave a Reply

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out / Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out / Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out / Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out / Change )

Connecting to %s