Indahnya Pantai Koka

Penunjuk arah pantai Koka

Setahun lebih tinggal di Maumere, ternyata masih banyak tempat tempat yang belum kukunjungi. Di Flores secara keseluruhan banyak terdapat pantai maupun pemandangan alam lainnya yang indah dan menarik tak kalah dengan wilayah lain di Indonesia.

Hari kamis lalu mendapat undangan dari panitia kecamatan Nita untuk hadir dalam pembubaran dan makan siang bersama kepanitiaan kegiatan PEDA (http://kakaosikka.wordpress.com/2014/03/30/arti-penting-peda-untuk-petani-sikka/) yang sudah dilaksanakan pada tanggal 27 – 29 Maret 2014 yang lalu. Yang menarik acara ini diselenggarakan di sebuah pantai yang ternyata masih “perawan” dalam arti masih alami, belum dikelola oleh pemerintah daerah, fasilitas masih seadanya. Terlihat mungkin baru program PNPM yang membantu beberapa infrastruktur seperti papan nama, dan WC.
Kembali ke pantai Koka, berada di desa Wolowiro kecamatan Paga. Ditempuh dengan kendaraan kurang lebih 1.5 jam dari Maumere. Informasi yang saya dapat untuk hari minggu dan libur akan ramai dikunjungi wisatawan domestic baik dari Maumere, larantuka dan Ende. Namun juga terkadang ada wisatawan manca Negara yang datang kesini.
Satu sisi pantai Koka

Yang perlu menjadi perhatian adalah masih kurangnya fasilitas seperti jalan masuk ke area pantai Koka. Dari jalan besar kurang lebih 2,5 km. Dengan kondisi jalan yang jauh dari baik, dalam arti masih jalan tanah dan berbatu. Pada saat hujan sulit sekali Mobil bisa masuk karena akan terperosok. Didalam area pantai nampak beberapa kios , menjual minuman ringan , mie instant, buah dan lain lain. Untuk masuk di pantai Koka hanya dikenakan biaya untuk parkir saja.

Salah satu nelayan di pantai Koka

Info lain yang mengejutkan dari Bapak Blasius Woda, bahwa pantai Koka tanahnya sudah dibeli oleh orang dari Jakarta. Saya tidak tahu sehubungan dengan pertanahan, yang menjadi pertanyaan dalam hati saya, bagaimana wilayah pantai bisa dimiliki oleh perorangan? Apakah pemerintah daerah tidak bisa mengembangan obyek wisata ini? Dengan sedikit membangun fasilitas jalan yang bagus, dan fasilitas lainnya pati akan lebih menarik bagi para wisatawan, tidak hanya wisatawan lokal saja namun juga wisatawan asing.

Anak pantai Koka
pantai Koka dari ketinggian
Pantai Koka dari ketinggian

Leave a Reply

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out / Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out / Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out / Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out / Change )

Connecting to %s