Nikmat Tuhan Yang Manakah Yang Kau Dustakan

Assalaamu’alaikum,

Seperti biasa jam tiga aku terbangun, karena alarm tubuhku yang sudah sejak lama terinstal membuatku seperti itu. Namun malam ini lain dari pada yang lain. Pada saat terbangun diriku seperti hilang ingatan. Aku tidak tahu apa yang terjadi pada diriku. Untuk membaca doa setelah bangun tidurpun aku tidak mampu,….kucoba mengingatnya,..makin lama semakin aku lupa bacaannya.

Ada apa sebenarnya pada diriku.

Kucoba mencubit badanku,…..ada rasa sakit.

Gelap ruangan tidur membuatku bertanya tanya,…apakah aku sudah dialam kubur?????,

Tidak…….masih ada cahaya dari luar jendela.

Hampir satu jam diriku dalam kebingungan. Tidak mampu untuk mengingat. Kuputuskan untuk mengambil air wudhu dan melakukan sholat tahajud seperti biasa dan Alhamdulillah aku hapal bacaannya. Selesai selesai sholat dua rokaat ,…..kucoba baca doa setelah bangun tidur langsung ingat,……

Astaughfirullah,….ada apa dengan diriku.

Kucoba merenung. Berapa banyak nikmat Allah yang diberikan pada diriku,………

Aku tak bisa menghitungnya.

Sebagai contoh seandainya  saat itu nikmat ingatanku dicabut,…

Aku tak bisa berpikir apa apa,…tidak ingat apa apa. Bagaimana dengan nikmat nikmat yang lain??????

Pantas dalam Surah Ar Rahman yang terdiri dari 78 ayat, ada satu ayat yang menjadi penutup setiap ada penjelasan yang diberikan Allah pada manusia

Fa-biayyi alaa’i Rabbi kuma tukadzi ban yang artinya ” Maka nikmat Tuhanmu yang manakah yang kamu dustakan?” sebanyak 31 kali diulang. Tujuannya, untuk mengingatkan manusia kalau nikmat Allah itu luar biasa, tak ada satupun yang dapat kita dustakan

Dan tentunya sebagai mahluknya kita harus selalu dan selalu bersyukur atas karunianya

Semoga diriku bisa meresapi makna ayat tersebut dan menambah rasa syukurku pada Allah SWT.

Syukur

Leave a Reply

