Identifikasi Jamur Akar Putih

Pohon karet yang terserang jamur akar putih

Jamur Akar Putih (JAP) Rigidoporus lignosus  merupakan salah satu penyakit penting pada tanaman karet. Sesuai namanya jamur ini memiliki ciri khas yaitu jaringan benang-benang (mycelium) berwarna putih. Miselia jamur mampu melakukan penetrasi langsung ke dalam jaringan akar. Setiap tanaman karet yang terserang oleh JAP akan mati jika tidak segera ditanggulangi.

Serangan patogen menyebabkan akar menjadi busuk dan umumnya pada permukaan akar ditumbuhi rizomorpha jamur. Gejala tersebut baru dapat terlihat apabila didaerah perakaran dibuka. Gejala yang nampak pada daun adalah daun –daun yang semula tampak hijau segar berubah menjadi layu, berwarna kusam dan akhirnya kering

 

Cara mendeteksi JAP pada pohon karet yang diduga sudah terkena JAP

Untuk mengetahui apakah pohon karet terkena jamur akar putih bisa dilakukan dengan beberapa cara.

  • Carilah tanaman kacang kacangan kemudian lilitkan pada batang karet kira kira sejengkal dari atas tanah dan basahi bagian batang pohon tersebut. Kira kira 5 hari amati tanam kacangan tersebut, apabila ada Nampak berwarna putih seperti benang berarti pohon karet tersebut positif terserang jamur akar putih.
  • Carilah tanaman kacang kacangan kemudian bersihkan tanah sekitar akar pohon karet yang nampak dipermukaan tanah, gali sedikit. Taruhlah tanaman kacang kacangan tersebut dan timbun dengan sampah dedaunan yang ada disekitar. Kira kira 5  hari amati tanaman kacangan tersebut, apabila ada Nampak berwarna putih seperti benang berarti pohon karet tersebut terserang jamur akar putih.

Leave a Reply

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out / Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out / Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out / Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out / Change )

Connecting to %s