Meugang

Meugang adalah salah satu tradisi di Aceh. Tradisi ini dilakukan satu hari sebelum puasa dan satu hari sebelum lebaran. Biasanya pada saat Meugang dalam sebuah keluarga seperti diharuskan untuk membeli daging lembu atau kerbau dan dimasak seperti kare ataupun yang lainnya.
Meugang kali ini adalah Meugang yang kesekian kalinya (lupa yang keberapa ya????) kualami. Namun agak beda di tempatku sebelumnya. Sebenarnya tidak beda sih ,….cuma nasibnya aja lain. Pada saat aku di Meulaboh, mungkin karena banyak sekali teman temanku asli orang Aceh biasanya mengundang kami, orang dari luar Aceh untuk makan siang dirumahnya, bahkan ada yang sudah sangat baik malah membawa rantang untuk makan malamnya.
Namun beda halnya di tempatku yang baru, Meugang kali ini tidak ada teman yang mengundangku ,….ya ..karena aku baru saja tinggal di Langsa dan belum banyak teman disini. dan ……….yang sedih lagi tidak ada orang yang jualan pada hari Meugang di Langsa kali ini, jadi akhirnya aku makan gorengan yang gurih,…apa ya namanya. ya…..(aku ndak tahu)..yang kubeli dua hari yang lalu untuk mengganjal perutku. Sepertinya harus nyetok pop mie atau roti tawar untuk makan sahur nanti,…….(ya beginilah nasib anak kos)
Mudah mudahan puasa kali ini diberi kemudahan, kekuatan dan mendapat berkah dari bulan suci Ramadhan,..Amin,…..

Kare Aceh

Leave a Reply

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out / Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out / Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out / Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out / Change )

Connecting to %s