Sambelnya mana????

Siang ini istriku sudah menyiapkan makan dengan lauknya ikan goreng, dan sayur asem. Pas sudah mulai makan ada satu hal yang kurasa kurang,…….apa ya????????

Yup,…….sambal. Ternyata istriku tidak membuat sambal hanya gara gara terasinya habis. Terasi?

Terasi adalah salah satu campuran bahan makan khususnya untuk campuran sambal>

Bagaimana rasanya sambal tanpa terasi?????,……kurang mak nyus kali ya!!!

kali ini saya akan bagikan resep membuat terasi,……agar lebih mak nyus sambalnya

Terasi Udang/ Ikan

TERASI IKAN/UDANG

Deskripsi Teknologi

Terasi adalah salah satu produk hasil permentasi ikan/udang yang hanya mengalami perlakuan penggaraman (tanpa diiukti dengan penambahan asam), kemudian dibiarkan beberapa saat agar terjadi proses fermenatsi.  Dalam pembuatan terasi, proses fermentasi dapat berlangsung karena adanya aktifitas enzim ferment yang berasal dari tubuh ikan/udang itu sendiri yang dibantu sinar matahari.

Fungsi

Fungsi dari teknologi pengolahan terasi ikan/udang adalah untuk mendapatkan produk perikanan yang berbeda dari kondisi bahan bakunya (bentuk pasta padat) dan mempunyai citarasa spesifik mengundang selera.

Tujuan

Tujuan pengolahan terasi ikan/udang adalah untuk mendapatkan produk dengan daya awetnya lama serta memanfaatkan hasil tangkapan ikan/udang yang kurang layak diolah sebagai makanan berkualitas baik.

Dimensi alat

  • Baskom plastik berdiameter:  ± 35 cm
  • Ember plastik berdiamater:  ± 50 cm
  • Kere bambu/anyaman daun nipah: p x l = 2 x 0.5 meter
  • Lumpang (alat penumbuk) dari kayu berdiameter:  ± 2.5 cm

Kapasitas

Kapasitas alat penumbuk: 7–8 kg.

Skala usaha

Skala usaha pada pengolahan terasi dilakukan dalam skala rumah tangga (home industri).

Material alat

Alat-alat yang digunakan dalam pengolahan terasi antara lain: baksom plastik, emberl plastik, lumpang kayu (alat penumbuk), kere/anyaman daun nipah untuk menjemur (tampah).

Bahan baku produksi

Bahan baku pembuatan terasi ikan/udang berupa ikan/udang yang cukup kondisinya (cukup segar).

Metode pembuatan alat

Peralatan untuk pengolahan terasi biasanya dibeli di pasar setempat dan juga dapat membuat sendiri seperti anyaman daun nipah/kelapa untuk menjemur

Metode pengolahan

  • Pertama, ikan/udang dicuci dengan air bersih agar semua kotoran terbuang, kemudian dijemur dibawah sinar matahari sampai setengah kering (± 1–2 hari).  Selama proses penjemuran, ikan/udang harus sering-sering di balik agar tingkat kekeringannya merata dan kotoran yang mungkin masih melekat dapat dibersihkan.
  • Setelah agak kering, daging ikan/udang ditumbuk sampai halus dan dibiarkan selama semalam agar protein yang dikandung didalamnya benar-benar terurai.
  • Selanjutnya ke dalam daging ikan/udang yang telah halus ditambahkan garam secukupnya untuk membunuh bakteri pembusuk.  Jumlah garam yang ditambahkan tergantung selera, maksimal 30% dari berat total ikan/udang agar terasi yang dihasilkan tidak terlalu asin.
  • Kemudian daging ikan/udang diremas-remas agar garam merata dan dibuat gumpalan-gumpalan bulat serta dibungkus daun pisang kering yang selanjutnya bahan terasi disimpan selama satu malam agar bakteri pembusuk tidak berkembang biak (mati).  Setelah penyimpanan semalam, gumpalan bahan terasi dihancurkan kembali dan dijemur di bawah sinar matahari selama 3–4 hari.
  • Terasi yang telah kering di tumbuk kembali sampai benar-benar lembut/halus dan dibungkus dengan tikar atau daun pisang kering.  Selanjutnya terasi tersebut dibiarkan kembali (disimpan) lagi selama 1–4 minggu, agar proses fermentasi dapat berlangsung dengan baik.  Proses fermentasi dianggap selesai bila telah tercium aroma terasi yang khas.

Aspek pemasaran

Pemasaran produk terasi sangat luas baik lokal maupun antar pulau di Indonesia.

Aspek finansial

Harga alat-alat:

  • Baskom plastik: Rp. 7,500/buah
  • Ember plastik: Rp. 15,000/buah
  • Ikan/udang: Rp. 7,000 /buah

Leave a Reply

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out / Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out / Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out / Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out / Change )

Connecting to %s