Mak Uyut,……

Lebaran tahun ini Alhamdulillah aku bisa pulang dan kumpul dengan anak dan istriku dan bertemu dengan saudara saudara yang lain. Gelar Bang Toyib tidak jadi kudapatkan karena aku baru hanya sekali tidak pulang Lebaran,..ha..ha..ha…(kriteria Bang Toyib tidak pulang tiga kali lebaran)
Lebaran tahun ini giliran di keluarga istriku, walaupun tidak semua saudara istriku bisa kumpul karena mereka juga jadwalnya lebaran tahun ini harus ke keluarga istri ataupun suami masing masing.
Disatu desa di Kabupaten Subang, tepatnya di desa Babatan Citamiang (klo ndak salah),….atau Siluman ya,..aku sendiri ndak ngeh apa desa atau kecamatan,…yg jelas suasananya berbeda sekali dan jauh dari suasana kota namun ada suasana khas tersendiri. Selain silaturahmi da menerima tamu yang berkunjung kerumah acara lain adalah melihat anak anak bermain yang tidak mungkin bisa dilakukan di kota. Kusempatkan pula untuk mengambil beberapa gambar,..dan ternyata istriku lupa tidak membawa kabel USbnya untuk transfer jadi sayang klo foto2 yang ada dihapus. Di desa ini selain Ibu mertuaku juga masih ada Nenek istriku . Kita suka panggil MI, atau terkadang Mak uyut. Beliau tentunya sudah tua, dan dari informainya yang ada umurnya sudah lebih dari seratus tahun. Namun kondisi badannya masih sehat untuk ukuran seumuran beliau.
Namanya juga nini nini tidak pernah diam, pekerjaan yang seharusnya tidak dilakukan juga dilakukan. Kejadian pompa air ngadat karena beliau melihat ada lubang kecil di pipa diperbaiki dengan jalan membungkus dengan plastik, padahal lubang tersebut sengaja dibuat oleh mang Amar (adik dari Ibu istri,…) untuk pendingin, jadi deh ngadat. Akhirnya pas mau sholat Ied, kita numpang mandi di tetangga,…..tapi setelah pulang dari sholat Ied ternyata pompa sudah jalan lagi dan Mak Uyut lah yang memperbaiki,…he..he..he…
Mak Uyut tidak bisa berbahasa Indonesia dengan baik, jadi selama komunikasi dengan saya maupun anak anak saya mengunakan bahasa Sunda sementara saya dan anak anak saya juga tidak bisa benar benar bahasa Sunda jadi kita tetap komunikasi dengan bahasa masing masing, dengan cara menebak tentunya pada saat mau menjawabnya,…tapi kebanyakan pas ,..jadi klop deh,…ha..ha..ha…
Lebaran ini jadi deh kita berkumpul empat generasi dari keluarga istiku, Mak Uyut, Ibu mertua, Istriku dan Anakku. Sempat kuambil foto pada saat Mak Uyut dan anak anakku bermain di halaman beserta sepupu istriku , dan walaupun masih kecil anak anakku memanggilnya Mang Wili, karena dia sepupu istriku, anak dari Adik Ibu Itriku,….Mak Uyut beserta MIla , Hanif dan Mang Willi.

Mak Uyut , cucu dan cicitnya

Lebaran kedua Kakak istriku datang beserta anak dan istri, kegiatan makin seru terutama anak anak. Ibu Mertuaku membuat kolam yang memang sengaja dibuat untuk bisa digunakan berenang untuk anak anak dengan ukuran kurang lebih 2X4 meter kali ya???…..Al hasil siang bolong juga semua anak anak pada bermain dikolam, bahkan ada yang tadinya tidak mau malah pas disuruh udahan tidak mau ,….(namanya juga anak anak,..) Ada lagi yang masih mau berenang lagi berhubung sudah sore, mereka berenang besuk paginya. Dan pagi pagi buta keesokan harinya mereka benar benar sudah ada di kolam ,…….syukur airnya tidak dingin. Dan Anakku MIla sengaja dibangunkan siang agar tidak ikut renang lagi karena sudah mulai batuk batuk.
Hari ketiga lebaran aku dan anak istriku harus pulang ke Pekalongan dan kakak istriku juga harus pulang ke Bogor. Rumah di lembur sudah mulai akan sepi lagi tinggal Ibu Mertua dam Mak Uyut tentunya. Mudah mudahan beliau berdua selalu dalam keadaan sehat walafiat dan diberi kemudahan…..amin,….

One thought on “Mak Uyut,……

  1. Hey there! I know this is kind of off topic but I was wondering which blog platform are you using for this website?
    I’m getting sick and tired of WordPress because I’ve had
    issues with hackers and I’m looking at alternatives for another platform.
    I would be fantastic if you could point me in the direction of a good platform.

Leave a Reply

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out / Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out / Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out / Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out / Change )

Connecting to %s