Antara SBY dan Harga Sawit

Lubuk Damar adalah satu dari delapan desa yang ada di Aceh Tamiang yang menjadi desa target project kami. Lubuk Damar dihuni oleh sekitar 350 KK yang terdiri dari beberapa etnis, mulai dari Banten, Tamiang, Jawa, ada sebagian kecil batak. Ini adalah sosialisasi yang pertama kali kami lakukan di desa Lubuk Damar. Sosialisasi ini lebih memperkenalkan kegiatan apa yang akan kami lakukan serta untuk lebih menjaring minat serta peran serta aktif masyarakat denagn program kami. Program kegiatan yang akan kami berikan adalah : 1. Pendidikan pengelolaan keuangan 2. Penguatan rantai nilai di sektor karet dan 3. Pengutan rantai nilai di sektor kelapa sawit. Namun pendekatan yang kami lakukan berbeda dengan pendekatan lembaga lembaga yang datang setelah Tsunami terjadi, kami lebih memfasilitasi, membangun kapasitas masyarakat, jadi intinya kami tidak memberi atau menyediakan bantuan berupa dana hibah maupun material. Ini tidak mudah, karena hampir semua masyarakat selalu berpikiran yang namanya bantuan selalu dikaitkan ataupun berupa uang maupun barang.

Sosialisasi Program

Ada satu hal yang menarik pada saat sosialisasi, setelah kita selesai menjelaskan semua yang berkenaan kegiatan kita, pada sesi tanya jawab ada seorang bapak yang bertanya kenapa sekarang SBY sudah naik jadi presiden tapi kok harga sawit tidak naik, jadi tolong bagaimana biar harga sawit bisa naik,…..nah lho pertanyaan seperti menuntut janji pada kita,.he..he…
Akhirnya kami jelaskan,..yang pertama program kita tidak ada hubungannya dengan politik, partai maupun pilpres. Kita lembaga swadaya masyarakat. Kami coba menjelaskan masalah naik turunnya harga sawit. Minyak sawit dari indonesia di jual ke Eropa, Amerika , china dan India. Seperti kita ketahui seratus tahun yang lalu sebelum minyak sawit digunakan orang orang menggunakan minyak dari kelapa (Indonesia) ada juga yang menggunakan minyak dari jagung, kedelai dan juga biji bunga matahari, nah pada bulan antara juni, juli agustus dan september di dunia belahan lain (eropa, amerika) sedang panen biji bung matahari dll, jadi banyak orang menggunakan minyak dari selain minyak sawit. Hukum ekonomi, banyak barang harga akan turun, ini sama halnya dengan kelapa sawit saat ini. Setelah kita jelaskan nampaknya bapak tadi paham tapi sepertinya dia masih menuntut akan apa yang pernah dikatakan oleh orang yang sebelum pilpres katakan,….kasihan masyarakat termakan dengan janji orang yang kita sendiri tidak mungkin ikut campur tangan seperti halnya harga sawit itu,……..SBY….kini kau presiden terpilih dengarlah keluhan rakyat mu. Paling tidak kalau tidak menaikkan harga sawit ya buat lah program kegiatan yang benar benar bisa meningkatkan produksi sawit mereka seperti akses informasi dan tehnologi, kemudahan mendapat pupuk, serta ciptakan sistim perdagangan yang berpihak pada rakyat kecil khususnya petani,……..kerahkan petugas penyuluh lapangan untuk memberikan bimbingan dan bantuan tehnis bagi mereka,…..selama ini hanya paling 1 dalam beberapa bulan PPL datang,….

Leave a Reply

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out / Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out / Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out / Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out / Change )

Connecting to %s