Pentingnya Perubahan

Untuk keempatkalinya aku melakukan sosialosasi ke masyarakat desa target program lembaga kami. Program kegiatan yang ditawarkan kali ini memang berbeda dengan program program yang pernah dilaksanakan dilembagaku sebelumnya. Kalau dulu masih masa darurat dan pemulihan, itulah yang tepat dilakukan dengan program bantuan berupa dana hibah maupun material. Belajar dari program sebelumnya bila kita lihat hampir semua program tidak berkelanjutan. Ini banyak sekali faktor penyebabnya. Namun bila kita cermati faktor utamanya adalah sumber daya manusianya yang belum siap.
Pada masa sekarang sebagian besar lembaga sudah merubah pola pendekatannya. Salah satu pendekatan yang dilakukan lembagaku sekarang ini adalah pendekatan rantai nilai. Ini hal baru bagiku, untuk meningkatkan kemampuanku, aku diikutkan pelatihan dan juga harus menambah ilmu dari rajin membaca materi sehubungan dengan rantai nilai. dalam pendekatan ini fungsi kita lebih memfasilitasi. Memfasilitasi beberapa pihak yang terkait dalam satu rantai nilai tersebut. Sebagai contoh untuk sektor karet, kita memfasilitasi petani karet, pedagang pengumpul desa, pedagang besar sampai ke pabrik karet. Fasilitasi apa yang kita tawarkan adalah meningkatkan qualitas, produktivitas dan penggantian pohon yang sudah tua. Dari hasil asesmen yang dilakukan hambatan utama dalam rantai nilai ini adalah kurangnya akses informasi, kurang transparansinya dalam sistim perdagangan mekanisme pasar tersebut, sehingga ada pelaku/ pihak yang dirugikan. Sebagai orang baru, pekerjaan ini tidak semudah membalikkan telapak tangan. Intinya bagaimana kita memfasilitasi agar sistim yang ada akan lebih baik dan adil.
kembali ke sosialisasi yang kulakukan, bila kita lihat tingkat ketertarikan dari program ini masih kurang, masayarakat selalu akan berpikiran bahwa program bantuan akan selalu berupa dana ataupun pemberian material, selain itu kesadaran mereka untuk maju dan berubah itu yang perlu kita motivasi dan kita siasati.
Namun demikian tidak semua seperti itu ada sebagian orang yang mempunyai pikiran untuk maju, hanya saja lingkungan tidak mendukung, aku berharap dengan program kegiatan ku ini akan menyadarkan masyarkat pentingnya suatu perubahan, dan tentunya harus dimulai dari diri sendiri.

Sosialisasi

Leave a Reply

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out / Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out / Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out / Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out / Change )

Connecting to %s